Assalamu'alaikum...

Ahlan wa Sahlan..

Ya Akhi ..
Ya Uhkty..

Senin, 02 Mei 2011

Mushaf An-Nur: Cara Mudah Belajar Al-Quran

Mushaf An-Nur: Cara Mudah Belajar Al-Quran 
 
Setiap Muslim yang baik, sudah pasti, ingin mengenal Al-Quran dengan lebih baik dan lebih dalam. Jangan sampai pengenalan Al-Quran pada waktu SD sama dengan waktu kuliah. Yang belum bisa membacanya, misalnya, ingin bisa mendaras, bahkan secara tartil dengan mengindahkan hukum tajwid. Yang sudah bisa membaca dengan baik tetapi belum menguasai bahasa Arab, tentu ingin mengetahui artinya lewat terjemahan-umumnya terjemahan Departemen Agama. Yang sudah mengetahui artinya lewat terjemahan per ayat, tentu ingin lebih baik lagi jika mengetahui arti kata per kata, satu per satu. Nah, untuk keperluan terakhir inilah Mushaf An-Nur dihadirkan ke hadapan Anda.
Mushaf An-Nur adalah Al-Quran edisi terjemahan per kata. Makna tiap-tiap kata dalam suatu ayat akan diuraikan satu per satu. Dengan memahami arti kata per kata-mengingat banyak terjadi pengulangan kata di dalam Al-Quran-lambat laun Anda akan memahami arti kosa kata Al-Quran secara bertahap. Dan dengan memahami arti kosa kata Al-Quran, Anda akan lebih mudah memahami arti keseluruhan ayat. Ini merupakan langkah yang mudah dan berkelanjutan menuju pemahaman Al-Quran yang lebih baik.
Berbicara tentang pemahaman akan makna Al-Quran, tentu tidak bisa dilepaskan dari pengenalan akan bahasa Arab. Oleh sebab itu, Mushaf An-Nur memberikan dua fasilitas yang memudahkan Anda mengenali ungkapan-ungkapan bahasa Qurani. Pertama, terdapat KOTAK BAHASA di banyak halaman yang memperkenalkan secara ringkas dan mudah jenis dan pola kata dalam Al-Quran. Kedua, terdapat LAMPIRAN KAIDAH BAHASA ARAB yang memberikan wawasan umum tentang struktur bahasa Arab Qurani-misalnya jenis kata kerja dan kata benda berikut contoh-contoh kalimatnya dalam Al-Quran.
Dengan demikian, Anda dibimbing untuk:
  • Mengenali arti kata per kata, satu per satu
  • Mengenali pola ungkapan bahasa Al-Quran
  • Mengenali makna ayat secara keseluruhan
Dan itu semua dapat Anda lakukan-jika Anda bersungguh-sungguh mendaras dan menelaah Al-Quran secara rutin-secara mudah, bertahap, dan berkesinambungan.
Jadi, kalau Anda ingin secara mudah dalam mempelajari Al-Quran dengan memahami pola-pola bahasa Arab Qur'ani, saatnyalah Anda menelaah Mushaf An-Nur.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar