Adapun menurut HANSISWANY KAMARGA evaluasi kurikulum
Proses pemberian pertimbangan (judgement) mengenai nilai dan arti dari kurikulum yang dipertimbangkan
Pekerjaan evaluator bukan pekerjaan bebas seperti melakukan penelitian. Evaluasi harus berhubungan dengan kegunaan praktis; kalau tidak bisa menunjukkan kegunaan praktis maka dianggap kegagalan evaluasi
Konsep penting dalam evaluasi menurut HANSISWANY KAMARGA
1. Proses
Evaluasi adalah suatu proses bukan suatu hasil / produk. Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah nilai dan arti evaluan; sedangkan kegiatan untuk sampai kepada pemberian nilai dan arti itu yang dinamakan evaluasi
2. Pemberian nilai
Dilakukan apabila seorang evaluator memberikan pertimbangannya mengenai evaluan tanpa menghubungkannya dengan sesuatu yang bersifat dari luar (internal pada diri evaluan)
3. Pemberian arti
Berhubungan dengan posisi & peranan evaluan tersebut dalam suatu konteks tertentu
Proses pemberian pertimbangan (judgement) mengenai nilai dan arti dari kurikulum yang dipertimbangkan
Pekerjaan evaluator bukan pekerjaan bebas seperti melakukan penelitian. Evaluasi harus berhubungan dengan kegunaan praktis; kalau tidak bisa menunjukkan kegunaan praktis maka dianggap kegagalan evaluasi
Konsep penting dalam evaluasi menurut HANSISWANY KAMARGA
1. Proses
Evaluasi adalah suatu proses bukan suatu hasil / produk. Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah nilai dan arti evaluan; sedangkan kegiatan untuk sampai kepada pemberian nilai dan arti itu yang dinamakan evaluasi
2. Pemberian nilai
Dilakukan apabila seorang evaluator memberikan pertimbangannya mengenai evaluan tanpa menghubungkannya dengan sesuatu yang bersifat dari luar (internal pada diri evaluan)
3. Pemberian arti
Berhubungan dengan posisi & peranan evaluan tersebut dalam suatu konteks tertentu
TUJUAN EVALUASI KURIKULUM
Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
Pengambilan Keputusan
Penyempurnaan Kurikulum
(pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan)
o JANGKA PENDEK
meningkatkan efektivitas kurikulum (derajat pencapaian tujuan)
meningkatkan pengelolaan kegiatan kurikuler (pemanfaatan tenaga, waktu, tempat, fasilitas, sarana, biaya)
o JANGKA PANJANG
Melihat hasil yang dicapai kurikulum dan dampaknya terhadap performance lulusan
Dasar bagi pembinaan mekanisme balikan, perbaikan, dan penyempurnaan pelaksanaan kurikulum
Serta dalam persentasi Dian Andayanai, S.Pd tujuan evaluasi kurikulum adalah
MODEL EVALUASI KURIKULUM
Measurement
o Menempatkan kedudukan setiap siswa dalam kelompoknya melalui pengembangan norma kelompok dalam evaluasi hasil belajar
o Membandingkan hasil belajar antara dua atau lebih kelompok yang menggunakan program/ metode pengajaran yang berbeda-beda melalui analisis secara kuantitatif
o Teknik evaluasi yang digunakan terutama tes yang disusun dalam bentuk obyektif, yang terus dikembangkan untuk menghasilkan alat evaluasi yang reliable dan valid
Congruence
o Menggunakan Prosedur pre-and-post-assessment dengan menempuh langkah-langkah pokok sebagai berikut: penegasan tujuan, pengembangan alat evaluasi, dan penggunaan hasil evaluasi
o Analisis hasil evaluai dilakukan secara bagian demi bagian
o Teknik evaluasi mencakup tes dan teknik-teknik evaluasi lainnya yang cocok untuk menilai berbagai jenis perilaku yang terkandung dalam tujuan
o Kurang menyetujui diadakannya evaluasi perbandingan antara dua atau lebih program
Illumination
o Menggunakan prosedur yang disebut progressive focusing dengan langkah-langkah pokok: orientasi, pengamatan yang lebih terarah, analisis sebab akibat
o Bersifat kualitatif terbuka dan fleksibel eklektif
o Teknik evaluasi mencakup observasi, wawancara, angket, analisis dokumen dan bila perlu mencakup pula tes
Educational System Evaluation
o Membandingkan performance setiap dimensi program dengan kriteria internal
o Membandingkan performance program dengan menggunakan kriteria eksternal yaitu performance program yang lain
o Teknik evaluasi mencakup tes, observasi, wawancara, enmgket dan analisis dokumen
Sedangkan menurut HANSISWANY KAMARGA tujuan kurikulum adalah:
Menentukan efektivitas suatu kurikulum/program pembelajaran
Menentukan keunggulan dan kelemahan kurikulum/program pembelajaran
Menentukan tingkat keberhasilan pencapaian hasil belajar peserta didik
Menentukan masukan untuk memperbaiki program
Mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kurikulum
Menetapkan keterkaitan antarkomponen kurikulum
Fungsi Evaluasi
Menentukan tingkat keberhasilan pencapaian hasil belajar peserta didik
Menentukan masukan untuk memperbaiki program
Mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kurikulum
Menetapkan keterkaitan antarkomponen kurikulum
Fungsi Evaluasi
Menurut Tyler :
Evaluasi produk)àUntuk memperbaiki kurikulum (melalui hasil belajar
Menurut Cronbach :
Untuk memperbaiki kurikulum dan memberi penghargaan
Menurut Scriven :
Untuk mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada.
Scriven membedakan evaluasi kurikulum dalam 2 fungsi yakni Fungsi Formatif dan Fungsi Sumatif
o Fungsi Formatif : dilaksanakan apabila kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu dari kurikulum yang sedang dikembangkan
o Fungsi Sumatif : dilaksanakan apabila kurikulum telah dianggap selesai pengembangannya (evaluasi terhadap hasil kurikulum)
Evaluasi produk)àUntuk memperbaiki kurikulum (melalui hasil belajar
Menurut Cronbach :
Untuk memperbaiki kurikulum dan memberi penghargaan
Menurut Scriven :
Untuk mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada.
Scriven membedakan evaluasi kurikulum dalam 2 fungsi yakni Fungsi Formatif dan Fungsi Sumatif
o Fungsi Formatif : dilaksanakan apabila kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu dari kurikulum yang sedang dikembangkan
o Fungsi Sumatif : dilaksanakan apabila kurikulum telah dianggap selesai pengembangannya (evaluasi terhadap hasil kurikulum)
Langkah Umum Evaluasi Menurut HANSISWANY KAMARGA
TUJUAN (institusional, kurikuler, instruksional)
TUJUAN (institusional, kurikuler, instruksional)
Lingkup abilitas/kompetensi,
Kedalaman/keluasan tujuan
Kesinambungan antar tujuan
Relevansi antar tujuan
Rumusan kalimat
Kedalaman/keluasan tujuan
Kesinambungan antar tujuan
Relevansi antar tujuan
Rumusan kalimat
ISI KURIKULUM (Struktur, Komposisi, Jumlah mata ajaran, alokasi waktu)
Kesesuaian dengan tujuan
Scope dan sequence
Sifat isi
Esensi
Kesinambungan
Organisasi
Keseimbangan
Kegunaan
Scope dan sequence
Sifat isi
Esensi
Kesinambungan
Organisasi
Keseimbangan
Kegunaan
PEDOMAN PELAKSANAANv
Proses belajar-mengajar
Sistem penilaian
Administrasi dan supervisi
Sumber belajar
Dimensi Pelaksanaan (Kurikulum Aktual)
Masukan
Masukan Mentah (peserta didik)
Jumlah
Minat dan motivasi
Kecakapan sebelumnya
Bakat/potensi
Latar belakang
Masukan Alat
Bahan pelajaran/pelatihan
Alat-alat pembelajaran
Media dan sumber belajar
Pengajar/pelatih (jumlah dan kualitasnya)
Sistem administrasi
Prasarana pendidikan
Masukan Lingkungan
Lingkungan sosial
Lingkungan budaya
Lingkungan geografis
Lingkungan religius
Proses
Interaksi unsur-unsur masukan untuk mencapai tujuan
Keluaran
Hasil langsung berupa perubahan tingkah laku (kompetensi) setelah mengalami proses
Dampak
Kompetensi peserta didik di masyarakat/tempat bekerja
Sistem penilaian
Administrasi dan supervisi
Sumber belajar
Dimensi Pelaksanaan (Kurikulum Aktual)
Masukan
Masukan Mentah (peserta didik)
Jumlah
Minat dan motivasi
Kecakapan sebelumnya
Bakat/potensi
Latar belakang
Masukan Alat
Bahan pelajaran/pelatihan
Alat-alat pembelajaran
Media dan sumber belajar
Pengajar/pelatih (jumlah dan kualitasnya)
Sistem administrasi
Prasarana pendidikan
Masukan Lingkungan
Lingkungan sosial
Lingkungan budaya
Lingkungan geografis
Lingkungan religius
Proses
Interaksi unsur-unsur masukan untuk mencapai tujuan
Keluaran
Hasil langsung berupa perubahan tingkah laku (kompetensi) setelah mengalami proses
Dampak
Kompetensi peserta didik di masyarakat/tempat bekerja
BENTUK EVALUASI KURIKULUM
Dalam persentasi Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
PENILAIAN FORMATIF (MONITORING)
Dilaksanakan pqada saat berlangsungnya suatu program
Tujuan utamanya memperbaiki kelemahan sesegera mungkin, build in dalam pelaksanaan program
Dilaksanakan secara kontinu agar objektif dan komprehensif
Hasilnya segera disusun dan digunakan dalam program selanjutnya
Alat penilaian : observasi, wawancara, tes
Penilai : pengajar/pelatih, kepala diklat, supervisor, tim penilai khusus
Segi yang dinilai : pelaksanaan pengajaran, penilaian, bimbingan, administrasi, penggunaan sumber belajar, sarana pendidikan, dll.
PENILAIAN SUMATIF
Dilaksanakan setelah selesainya suatu program
Tujuan utamanya menilai keberhasilan suatu program dilihat dari tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
Aspek yang dinilai terutama produk atau hasil dari program
PROSEDUR EVALUASI KURIKULUM TAHAP PERSIAPAN
Dalam persentasi Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
PENILAIAN FORMATIF (MONITORING)
Dilaksanakan pqada saat berlangsungnya suatu program
Tujuan utamanya memperbaiki kelemahan sesegera mungkin, build in dalam pelaksanaan program
Dilaksanakan secara kontinu agar objektif dan komprehensif
Hasilnya segera disusun dan digunakan dalam program selanjutnya
Alat penilaian : observasi, wawancara, tes
Penilai : pengajar/pelatih, kepala diklat, supervisor, tim penilai khusus
Segi yang dinilai : pelaksanaan pengajaran, penilaian, bimbingan, administrasi, penggunaan sumber belajar, sarana pendidikan, dll.
PENILAIAN SUMATIF
Dilaksanakan setelah selesainya suatu program
Tujuan utamanya menilai keberhasilan suatu program dilihat dari tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
Aspek yang dinilai terutama produk atau hasil dari program
PROSEDUR EVALUASI KURIKULUM TAHAP PERSIAPAN
Menyusun TOR (term of reference)q
Target dan sasaran penilaiann
Lingkup dan objek yang dinilain
Alat dan instrumen yang digunakann
Prosedur dan cara penilaiann
Organisasi pelaksanan
Biayan
Dsb.n
Klarifikasi (penjabaran dari TOR)q
Mengadakan penelaahan perangkat evaluasi (tujuan, isi, strategi, sumber data, instrumen, dan jadwal)
Ujicoba Penilaian (try-out)
Melaksanakan teknik dan prosedur penilaian di luar sampel penilaian
Tujuannya untuk melihat keterandalan alat penilaian dan melatih tenaga penilai
Hasil ujicoba dijadikan dasar perbaikan dan penyempurnaan
Target dan sasaran penilaiann
Lingkup dan objek yang dinilain
Alat dan instrumen yang digunakann
Prosedur dan cara penilaiann
Organisasi pelaksanan
Biayan
Dsb.n
Klarifikasi (penjabaran dari TOR)q
Mengadakan penelaahan perangkat evaluasi (tujuan, isi, strategi, sumber data, instrumen, dan jadwal)
Ujicoba Penilaian (try-out)
Melaksanakan teknik dan prosedur penilaian di luar sampel penilaian
Tujuannya untuk melihat keterandalan alat penilaian dan melatih tenaga penilai
Hasil ujicoba dijadikan dasar perbaikan dan penyempurnaan
TAHAP PELAKSANAAN
Pengumpulan data lapangan
Penyusunan dan pengolahan data
Penyajian/deskripsi data
Menentukan judgement, rekomendasi, implikasi
Menyusun laporan
Penyusunan dan pengolahan data
Penyajian/deskripsi data
Menentukan judgement, rekomendasi, implikasi
Menyusun laporan
PRINSIP EVALUASI KURIKULUM
Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar